Jumat, 02 Januari 2015

Grosir

Grosir adalah Penjualan barang atau Marchandise kepada pengecer ,pengguna Bisnis industri,komersial dan institusi.
Grosir itu bisa di katakan Orang atau perusahaan atau pedagang yang membuka usaha dengan membeli dan menjual kembali kepada pengecer,pedagang besar lainnya,perusahaan industri lembaga pemerintahan atau swasta dan sebagainya.Jumlah Barang yang di perjualbelikan relatif besar Namun tidak sedikit Grosir yang melayani penjualan secara mengecerkan.Grosir di bagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1.Pembagian Jenis barang yang di Pergunakan

- Grosir Barang umum yaitu Distributor yang memiliki berbagai jenis barang .Contoh Grosir barang Z mempunya barang dagangan Kosmetik,sabun,Makanan dan minuman dan lain sebagainya.

- Grosir barang khusus yaitu distributor yang menjual barang-barang yang khusus saja contoh : Grosir Khusus makanan,Grosir khusus kaos dan banyak lagi.


2.Pembagian Berdasarkan luas daerah Usahanya

- Grosir lokal yaitu grosir yang luas daerah usahanya meliputi suatu kota tertentu saja.misalkan untuk tingkat kotamadya,kabupaten dan keresidenan.

- Grosir Wilayah atau Provinsi yaitu Grosir yang memiliki luas daerah pemasaran dalam satu provinsi atau Negara bagian tertentu.

- Grosir Nasioanal yaitu Grosir yang memiliki daerah atau wilayah pemasaran di seluruh wilayah Negeri.

3.Pembagian Berdasarkan lapangan kegiatan 

- Grosir Pengumpul yaiatu Grosir yang bertindak sebagai pengumpul barang-barang dagangan tertentu untuk keperluan sendiri maupun untuk memenuhi pesanan pihak lain.

- Grosir Penuh yaitu Grosir yang melakukan kegiatannya secara murni dan penuh melakukan pembelian dan penjualan secara lazim dilakukan grosir-grosir pada umumnya.

- Grosir Terbatas yaitu Grosir yang hanya menjalankan sebagian jasa-jasa yang seharusnya dilakukan oleh grosir Penuh.

a. Grosir Tunai adalah Grosir yangmelaksanakan penjualannya secara tunai dan tidak memberikan jasa pelayanan untuk mengantar kepada pelanggangnya.

b.Grosir Truk adalah Grosir yang menjual barang daganganya secara tunai dengan memberikan jasa pengiriman barang nya.

c.Grosir Pengiriman adalah grosir yang melakukanpenjualan barang dengan pengiriman barang yang dilakukan langsung dari produsen kepada pembelinya.

d.Grosir Pabrik adalah grosir penyalur yang mernjual barang dagangan dengan menjadai pemasok industri.

e.Grosir pesanan melalui pos Grosir ini melakukan kegiatan penjualan barang dagangan dengan cara melalui pos.

f,Grosir Online yaitu grosir yang menjalankan transaksi penjualan barang nya dengan melalui jasa-jasa pengiriman seperi pos,Tiki,Tiki Jne dan jasa kirim lainnya,dan biasanya Grosir online tidak menyertakan alamat tokonya,selain itu biasanya Grosir Online hanya dapat melayani pembelanjaan nya benar-benar hanya melalui pembelian yang serba online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar